How to upload project on heroku

Hallo guys, kali ini saya akan mempraktikan langsung bagaimana cara mengupload project kita ke heorku. Sedikit penjelasan tentang apa itu heroku ? Heroku adalah sebuah cloud platform yang menjalankan bahasa pemrograman tertentu, Heroku mendukung bahasa pemrograman seperti Ruby, Node.js, Python, Java, PHP, dan lain-lain.

Heroku termasuk ke dalam kriteria Platform As A Service (PaaS), sehingga bagi anda yang ingin melakukan deploy aplikasi ke heroku cukup dengan melakukan konfigurasi aplikasi yang ingin di deploy dan menyediakan platform yang memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi tanpa kompleksitas membangun dan memelihara infrastruktur yang biasanya terkait dengan pengembangan dan peluncuran aplikasi.

Heroku bisa memanage sistem operasi, ram, hardisk dan sebagainya secara otomatis sehingga heroku dapat mendeteksi bahasa apa yang digunakan oleh sebuah aplikasi.

Heroku dapat melakukan deploy secara otomatis terhadap aplikasi yang kita upload melalui tool git.



Baiklah Langsung saja kita praktikan cara upload project kita ke heroku.

Pertama yaitu siapkan aplikasi yang sudah di develop dan siap untuk di upload. kemudian coba testing di local komputer kalian.



Setelah berhasil kita testing di lokal komputer kita maka, coba upload projek kita ke server heroku. Jika kalian belum mempunyai akun di heroku maka silahkan kalian register terlebih dahulu.

Buka url https://www.heroku.com/

Kemudian setelah registrasi selesai silahkan login menggunakan akun kalian. lalu buat projek baru di Heroku.


Lalu, isi keterangan projek seperti pada gambar berikut.


Selanjutnya, pilih sialhkan pilih Create app. langkah berikutnya ikuti keterangan seperti pada gambar berikut ini.

Install Heroku CLI
Download dan install the Heroku CLI.



Jika ada gagal dalam proses mengatur heroku di projek lokal maka, pastikan terlebih dahulu bahwa kita telah login ke heroku di terminal-nya dengan perintah heroku login.
kemudian coba login.


kemudian lanjut ke langkah berikutnya yaitu git init yang berfungsi untuk membuat repository pada file lokal yang nantinya ada folder .git 
lalu heroku git:remote -a app-artist .

 kemudian git add . yang berfungsi untuk menambahkan file baru pada repository yang dipilih


lalu git commit -am "make it better" yang berfungsi untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.


kemudian git push heroku master yang berfungsi untuk untuk mengirimkan perubahan file setelah di commit ke remote repository.



Jika sudah kita push projek lokal kita ke Heroku maka, tampilannya di terminal kurang lebih seperti berikut ini ada keterangan bahwa server kita sudah di-deploy.



Uji Testing Heroku

Kemudian, coba kita test lagi dengan cara yang sama di testing lokal namun, kita ganti base url-nya dari localhost:3000 menjadi https://app-artist.herokuapp.com/artis-form/


selamat mencoba ^-^

0 Response to "How to upload project on heroku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel