Program membuat pola segitiga pada c++ | #1

Hallo guys, kali ini saya akan mempraktikan cara membuat pola segitiga dengan bahasa pemograman c++. membuat pola2 seperti ini dapat melatih kalian dalam memahami dasar pada bahasa pemograman apapun, pada kesempatan kali saya akan mencontohkan nya dengan bahasa c++.

Kita akan akan membuat program membuat pola segitiga menggunakan bahasa pemrograman C++  dan dengan menggunakan aplikasi Codeblock atau sejenisnya. Aplikasi codeblock bisa anda download disini download. Dalam membuat sebuah program tentunya kita terlebih dahulu mengetahui algoritmanya atau urutan penyelesaian masalah dari program yang akan kita buat dan selanjutnya kita menuliskan kode scriptnya untuk mendeklarasikan dari algorima tadi kebahasa pemrograman yang akan kita digunakan. Ini adalah contoh program sederhana pengulangan untuk pemula.

Berikut ini kode program :


#include<iostream>

using namespace std ;

int main(){

int bil,x,m;

cout<<"bilangan : ";
cin>>x;

for (bil = 1;bil<=x;bil++){

for (m = 1;m<=bil;m++){

    cout<<"*";

    }

    cout<<" "<<endl;

    }

return 0 ;

}

Running

Kita build and run, kemudian perintahkan untuk memasukan bilangan yang akan di looping. Lalu program akan mengulang sesuai  yang anda inputkan tadi dan akan membentuk pola segitiga . Hasil tampilannya akan seperti pada gambar :




Ada banyak variasi dalam membuat pola segitiga kalian juga bisa belajar seperti begaimana membuat  pola segitiga kebawah , pola segitiga dengan menggunakan deretan angka dan yang lainya  akan saya bahas di tutorial selanjutnya.  Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat, terima kasih .


0 Response to "Program membuat pola segitiga pada c++ | #1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel